Tinkerbell

Sabtu, 24 September 2016

Perubahan Wujud Benda


Mencair (Melebur)

Cerita: Salma pergi membeli es, setelah itu salma menaruhkan es tersebut pada panci. Tidak lama kemudian salma diajak ibunya ke pasar. Cukup lama salma di Pasar, akhirnya dia dan ibunya pulang. Sampai rumah Es tersebut sudah menjadi air. 

Mengapa es tersebut bisa mencari? Karena dipengaruhi adanya perubahan suhu/panas. jadi berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan suhu (panas). Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair dinamakan  dinamakan "mencair atau melebur".

Membeku

Cerita: Dimas memiliki lemari es dirumahnya. Dia sering mengamati cara ibu membuat es. Dimas sudah mengerti caranya namun dia belum yakin apakah dia akan berhasil atau tidak. Setelah itu dia mengambil plastik kemudian diisi air dan di ikat dengan karet. Lalu Dimas memasukan plastik yang berisi karet itu seperti cara yang digunakan ibunya. Setelah itu dia bermain dengan teman-temannya. Setelah bermain hampir seharian. Dia teringat bahwa dia sedang membuat es. Dimas berlari menuju rumah dan langsung menuju ke lemari es. Dimas sangat senang karena pada saat itu dia bisa membuat es sendiri.

Tahukah kalian! "Es adalah wujud air dalam bentuk padat". Mengapa air bisa menjadi es? Karena air dapat membeku jika mengalami penurunan suhu yang sangat dingin. Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat disebut membeku. 

Menguap

Cerita: Rumah Dion ada di daerah pegunungan. Hawa di daerah rumah dion dingin sekali. Namun dion harus berangkat sekolah. Ketika Dion bangun ibunya sudah memasak air untuk mandi Dion. Air itu ditaruh di ember. Nah dari ember yang berisi air panas itu ada semacam asap, namun itu bukan asap tetapi itu adalah Uap. 

Taukah Kalian! Uap air adalah titik-titik air yang ada di udara hanya saja mata kita tidak mampu untuk melihat titik-titik uap air yang berada di udara. Penguapan terjadi jika ada kenaikan suhu yang besar. 

Ada empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yaitu
  • Memanaskan, 
  • Memperluas  permukaan, 
  • Meniupkan udara di atas permukaan, 
  • dan mengurangi tekanan di atas permukaan. 

Nah dari 4 cara penguapan tersebut, maka mesin pendingin, seperti lemari es dan AC dibuat.Peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas disebut menguap.

Mengembun

Cerita : Setelah pelajaran olah raga doni membeli Es untuk melepas dahaga. kemudian minuman es tersebut dituang di plastik dan doni minum. Namun Doni heran mengapa tanggannya bisa basah. Padahal air sudah es tersebut sudah dimasukan ke dalam plastik. Namun Andi bingung kenapa Bagian luar Plastik Yang berisi air es tersebut menjadi basah.

Kalian tahu jawabannya mengapa? Karena uap air yang berasal dari air es yang menyentuh Plastik mengembun. suhu plastik lebih rendah daripada suhu uap air adi air es. sehingga bagian luar plastik menjadi basah. Peristiwa tersebut dinamakan menggembun yaitu perubahan gas menjadi cair.

Menyublim Dan Mengkristal 

Menyublim adalah perubahan benda/zat dari padat menjadi gas. Menyublim sering disebut juga dengan istilah penyubliman atau sublim. 

Sedangkan pengertian mengkristal adalah kebalikan dari menyublim, yaitu perubahan suatu benda/zat dari gas menjadi benda padat. 

Contoh penyubliman : Kapur barus yang menyublim menjadi gas sehingga baunya dapat tercium oleh kita.
Contoh Pengkristalan : Pada proses pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat pada bahan pupuk.

sumber: http://bingar01.blogspot.co.id/2015/10/materi-pelajaran-sd-perubahan-wujud.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar